Minggu, 13 Mei 2012

Pengenalan sisteminformasi geografis sebagai media pembelajaran geografi di sekolah


Pada hari Selasa 10 April 2012 Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Pendidikan Indonesia menggelar pemilihan mahasiswa berprestasi.  Menarik mengikuti paparan karya tulis ilmiah oleh Faiz Urfan mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi.

Ia memaparkan karya tulis “Pengenalan Sistem Informasi Geografis Sebagai Media Pembelajaran Geografi di Sekolah”” dihadapan para juri.  Juri tersebut adalah yaitu Fitri Rahmafitria, M.Si (Ketua Program Studi Manajemen Resort dan Leisure), Dr. Epon Ningrum (Ketua Jurusan Pendidikan Geografi), Bagja Waluya, S.Pd (Dosen  dan koordinator Jurusan Pendidikan Geografi.

Menurutnya kemajuan teknologi yang pesat membuat pemanfaatan teknologi yang terjangkau oleh masyarakat pada umumnya tanpa kecuali.  Hal ini termasuk untuk pemanfaatan Sistem Informasi Geografis atau yang sering dikenal dengan SIG. Berdasarkan kondisi ini, pasti sekolah sebagai lembaga pendidikan formal memiliki peran besar untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang SIG. Karena SIG saat ini dapat diakses oleh semua orang dengan mudah, cukup mudah melalui internet dan smartphone.


Sekolah, menurut Faiz dalam menyelenggarakan pengajaran dan kegiatan belajar, memiliki kurikulum yang telah dibakukan oleh pemerintah dan geografi mata pelajaran yang termasuk dalam kurikulum telah peran langsung untuk SIG pengenalan kepada siswa. SIG dapat diperkenalkan dalam bentuk media pembelajaran yang digunakan untuk menjelaskan soal Geografi. Tapi dalam prakteknya, pengenalan upaya GIS tidak dapat digeneralisasi dari satu tingkat pendidikan dengan tingkat pendidikan lainnya. Harus membuat perbedaan antara satu tingkat ke tingkat lain karena kemampuan berpikir siswa di tingkat masing-masing juga berbeda.

“Apabila tidak dilakukan standar kompetensi dasar maka adanya perbedaan antara masing-masing tingkat pembelajaran dapat berdampak kepada perbedaan karakteristik media yang digunakan. Dampak diperkenalkannya SIG kepada siswa setiap tingkat sebagai media pembelajaran akan berbeda. Oleh karena itu perlu untuk klasifikasi dalam konteks pengenalan SIG untuk siswa bahwa media yang digunakan SIG berfungsi dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar